Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida mendampingi Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian (tengah) membagikan 1.000 paket sembako pada Pasar Murah PKK Tahun 2022 di aula Kelurahan Tapos, Jumat (22/04/22). (Foto : JD04/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida mendampingi Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian membagikan 1.000 paket sembako di Pasar Murah PKK Tahun 2022. Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat yang berhak dan masuk kriteria yang telah ditentukan.

Ketum TP-PKK, Tri Tito Karnavian mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka merayakan Hari Kesatuan Gerak PKK dan juga sekaligus memperingati Hari Kartini. Ia menginginkan semangat Kartini dihadirkan dalam membantu sesama perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

"Dari kata TP-PKK saja berarti Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, artinya kita harus bergerak memberdayakan masyarakat untuk kesejahteraan mereka. Untuk itu, kami salurkan bantuan ini keseluruh Indonesia," tuturnya kepada berita.depok.go.id di aula Kantor Kecamatan Tapos, Jumat (22/04/22).

Dikatakannya, tahun ini yang menjadi sasaran adalah ibu hamil, keluarga rentan, lansia, disabilitas dan perempuan kepala keluarga di Kecamatan Tapos. Yang didata oleh ibu-ibu PKK di tingkat kelurahan.

Lebih lanjut, ujar Tri, melalui bantuan ini, pihaknya juga sekaligus mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka stunting, mencegah kematian ibu hamil dan pemenuhan kebutuhan gizi lansia. Tri berharap, dari gerakan yang awali oleh TP-PKK Pusat ini dapat diikuti oleh seluruh kepengurusan PKK.

Dia menjelaskan, pihaknya memberikan bantuan legalitas untuk pengajuan kegiatan PKK melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 Tahun 2020 tentang Gerakan PKK. Melalui, aturan ini TP-PKK dapat mengajukan permohonan bantuan ke pemerintah.

"Semoga acara seperti ini dapat kita adakan lagi yang lebih besar, berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan stakeholder lainnya," harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida menambahkan, pihaknya menyambut baik kegiatan ini, selain itu, masyarakat dan warga Kecamatan Tapos juga terlihat bahagia. Oleh karena itu, kegiatan serupa akan kembali digelar di Kecamatan Cilodong setelah lebaran.

"TP-PKK hadir membantu dari mulai proses pendataan hingga pendistribusian," ujarnya.

"Semoga bantuan yang diterima bisa memberikan suatu kebahagiaan, karena senyum mereka adalah bahagia kita semua,"  tandasnya. (JD09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?