Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida.

berita.depok.go.id-Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) bekerjasama dengan Perhimpunan Profesional Kesehatan Muslim (Prokami) menggelar seminar kesehatan online untuk memperingati Hari Jadi Kota. Seminar tersebut bertema Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui di Masa Pandemi Covid-19.

“Ibu hamil, balita, lansia dan malnutrisi sangat rentan terinveksi untuk itu harus menjaga kebersihan pribadinya,” tutur Staf Divisi Onkologi Ginekologi Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Tofan Widya selaku pembicara kepada  berita.depok.go.id, Rabu, (06/05/20).

Dikatakaanya, bagi ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan serat serta rendah lemak. Kemudian, lanjutnya, hindari mengkonsumsi karbohidrat simpleks, seperti soda dan sirup.

“Bagi yang menyusui sebaiknya bersihkan tangan dan payudara sebelum dan setelah menyusui. Istirahat yang cukup dan minum air putih untuk mencegah dehidrasi,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Kota, Elly Farida berpesan kepada kadernya untuk harus berperan aktif dalam keluarga maupun lingkungnan sekitar. Para kader diharapkan dapat menjaga mental anggota keluarga agar tetap tenang dan selalu berpikir positif.

“Ibu-ibu harus memastikan semua anggota keluarga menjalankan protokol kesehatan. Salah satunya, jika keluar rumah memakai masker dan tetap menjaga jarak aman. Kemudian juga harus pandai mengatur keuangan dan logistik yang ada,” jelasnya.

Bunda Elly, sapaan akrabnya, menambahkan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) juga menjadi suatu keharusan. Antara lain tidak menggunakan alat makan yang sama, hindari menyentuh wajah dan kurangi bersentuhan dengan orang lain.

“Kita juga dapat berpartisipasi dalam Kampung Siaga Covid-19 di wilayah. Selain menjadi pengingat untuk keluarga juga menjadi pengingat untuk masyarakat,” pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?