Pemerintah Kota Depok bersama Kodim 0508/Depok menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-107 Tahun 2020 Tingkat Kodam Jaya di Aula Edelweis Gedung Setda Kota Depok, Kamis (12/03/2020). (Foto: JD 01/Diskominfo)

berita.depok.go.id– Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok akan menggelar pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Kota Depok di Kecamatan Cilodong. Sebelum pelaksanaan pada 16 Maret 2020, hari ini diadakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-107 Tahun Anggaran 2020 Tingkat Kodam Jaya di Ruang Edelwis, Lantai 5, Balai Kota Depok.

Rakornis TMMD ke-107 Tahun Anggaran 2020 Tingkat Kodam Jaya ini dipimpin langsung oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasdam Jaya, Kolonel Inf Jacky Ariestanto. Dalam acara tersebut turut dihadiri Asisten Hukum dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Depok, Wakil Ketua DPRD Kota Depok, dan Pejabat Perangkat Daerah (PD) terkait.

Aster Kasdam Jaya, Kolonel Inf Jacky Ariestanto mengatakan, pelaksanaan TMMD ke-107 ini berdasarkan Surat Telegram Pangdam Jaya Nomor: ST/163/2020 tanggal 29 Januari 2020 tentang perintah menyusun rencana sasaran program terpadu TMMD TA. 2020. Dengan tema besar yang diangkat adalah TMMD Pengabdian untuk Negeri.

“Tentu dengan tema ini menggalang masyarakat, bekerja sama bahu-membahu untuk mengabdi pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya kepada berita.depok.go.id usai Rakornis TMMD ke-107 di Balai Kota Depok, Kamis (12/03/20).

Di tempat yang sama, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj menuturkan, rencananya kegiatan tersebut akan dilaksanakan 16 Maret hingga 14 April 2020. Sejumlah kegiatan pembangunan fisik dan non-fisik akan dilaksanakan di empat kelurahan yaitu Cilodong, Kalimulya, Kalibaru, dan Jatimulya.

"Sejumlah kegiatan akan dilaksanakan pada pembukaan TMMD. Di antaranya kegiatan bakti sosial pengobatan umum bagi 500 warga, pembagian 300 kacamata gratis, bazar murah dengan mendirikan 10 stand, serta pembagian sembako.

 Dia menjelaskan, untuk sasaran pembangunan fisik sendiri akan difokus pada pengerjaan Jalan H. Amin RT 06/04, Kelurahan Kalibaru. Kemudian, pembuatan saluran air di Jalan H. Muhari RT 04 dan RT 03 di RW 01, Kelurahan Jatimulya.

"Ada juga rehab empat rumah warga Kecamatan Cilodong. Tiga rumah di Kelurahan Cilodong dan satu rumah di Kelurahan Kalibaru," tuturnya.

Untuk kegiatan non-fisik, Kodim Depok akan melakukan penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara, radikalisme, dan kedisiplinan dari Bintal Dam Jaya. Lalu pengetahun undang-undang lalu lintas dan kenakalan remaja dari Polres Metro Depok. Dari perangkat daerah Pemerintah Kota Depok juga akan memberikan pengetahuan kepada masyarakat.

Sementara itu, Asistem Hukum dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Depok, Sri Utomo menyebut, pihaknya menyambut baik adanya pelaksanaanTMMD ke-107. Melalui kegiatan ini, dapat menyatukan kolaborasi antara tentara dengan masyarakat.

“Mari ramai-ramai kita bergotong royong menyukseskan TMMD ke-107. Karena itu, keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan fisik dan non-fisik,” pungkasnya. (JD 05/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?