Saat penyuluhan kesehatan jiwa di UPTD Puskesmas Kedaung. (Isimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung mengajak masyarakat agar dapat menjaga kesehatan jiwa di masa pandemi Covid-19. Masyarakat harus dapat mengelola stres , sehingga imunitas tubuh juga bisa meningkat.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung, Anugrah Sri Handayani, dalam situasi seperti saat ini penting untuk mengelola stres. Pasalnya, dengan mengelola stres imun tubuh dapat meningkat, sehingga dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan virus di badan.

"Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari dan menjaga jiwa agar tidak mengalami stres," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (15/10/20).

Dia menjelaskan, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta berolahraga dapat menjaga tubuh dari stres. Selain itu, ujarnya, menceritakan permasalahan yang sedang dihadapi ke orang terdekat juga dapat meringankan stres.

Dirinya menambahkan, latihan pernafasan juga bisa meringankan stres. Caranya, posisikan duduk yang santai dan nyaman dengan mata terpejam, tarik nafas panjang dari hidung dan keluarkan lewat mulut sambil membayangkan hal yang indah dan ulangi beberapa kali.

"Selalu bersyukur dan berprasangka baik kepada Allah SWT juga dapat mencegah stres" tandasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?