Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah saat menjadi pemantik pada diskusi daring mengenai penguatan peran dan fungsi perpustakaan sekolah sebagai jantung pendidikan, Kamis (04/03/21). (Foto : JD 04/Diskominfo)

berita.depok.go.id-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok berkomitmen untuk meningkatkan peran dan fungsi perpustakaan sekolah. Salah satu upayanya dengan menggelar diskusi secara daring dengan berbagai pihak.

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah menuturkan, diskusi ini menghadirkan sejumlah narasumber. Antara lain Bunda Literasi Kota Depok Elly Farida, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah/Perguruan Tinggi Pusat dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Pepusnas RI), Nurcahyo.

"Ada juga perwakilan dari Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dan sejumlah pustakawan, baik dari sekolah ataupun perguruan tinggi," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (04/03/21).

Menurut Siti, perpustakaan sekolah sangat dibutuhkan bagi para siswa. Sebab, menjadi sarana penunjang keberhasilan proses belajar mengajar.

"Perpustakaan memiliki hubungan yang erat dengan prestasi belajar siswa. Karena perpustakaan merupakan tempat menambah refrensi pengetahuan siswa dan dari sana muncul ide-ide baru," katanya.

Siti menjelaskan, perpustakaan sekolah memiliki peluang lebih besar dalam menciptakan literasi informasi di kalangan para siswa. Pasalnya, di sekolah ada peran guru yang menjadi pembimbing dan pustakawan yang akan membantu siswa.

"Membaca sesungguhnya bukan sekedar membaca buku teks pelajaran saja. Tapi juga harus menjadi budaya dan bagian dari gaya hidup," jelasnya.

Lanjut dia, pihaknya mempunyai tugas dalam melakukan pembinaan terhadap perpustakaan sekolah, perpustakaan universitas dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Untuk itu, ia berharap dengan terselenggaranya diskusi dengan berbagai pihak, perpustakaan dan TBM yang ada dapat berkembang dengan baik.

"Semoga ke depan perpustakaan dan TBM dapat mengikuti perkembangan zaman. Serta bersinergi dalam meningkatkan kegemaran membaca di Kota Depok," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?