Gang Inspirasi di Jalan H Umar  RT 07 RW 11. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-RW 11 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis membentuk Gang Inspirasi di Jalan H Umar RT 07 RW 11. Pembentukan gang ini sebagai wadah menampung aspirasi remaja, meningkatkan kapabilitas orang tua, serta menyelaraskan program pemerintah untuk masyarakat. 

"Gang Inspirasi ini sebagai wadah seluruh masyarakat dalam meningkatkan kreativitas dan mengembangkan potensi yang dimiliki," kata Ketua RW 11, Mulyadi kepada berita.depok.go.id, Kamis (01/10/20). 

Mulyadi yang juga merupakan Inisiator Gang Inspirasi mengatakan, dalam inovasi yang dibuatnya tersebut terdapat Rumah Inspirasi, Taman Inspirasi, Tetangga Inspirasi, dan Bisnis Inspirasi. Dalam implementasinya melibatkan masyarakat dari kalangan anak-anak hingga orang tua. 

"Untuk Taman Inspirasi bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk mengelola pekarangan rumahnya agar tampak asri dan teratur, sehingga merasa nyaman saat berada di rumah," tuturnya.

Kemudian, ujarnya, untuk Tetanga Inspirasi yaitu warga yang tinggal bisa menjadi inspirasi tetangganya. Dengan begitu, budaya kebiakan dapat menyebar. 

"Sedangkan Rumah Inspirasi merupakan sumber dari segala inspirasi yang dapat dituangkan di lingkungan. serta Bisnis Inspirasi dengan mengajak masyarakat memanfaatkan potensi yang bermanfaat di lingkungan dalam menghasilkan nilai ekonomi," terangnya.

Mulyadi berharap, ke depannya Gang Inspirasi dapat menjadi contoh di setiap gang yang ada di RW 11. Dengan demikian, aktivitas anak-anak, remaja, dan orang tua dapat bermanfaat untuk lingkungan. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?