Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Disnaker Kota Depok, Tri Astuti memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Continuing Education Program (CEP), Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Depok, Kamis (16/06/22). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Sebanyak 20 pencari kerja (pencaker) yang telah lolos uji seleksi mendapatkan Pelatihan Komputer Desain Grafis dari Dinas Tenaga Kerja (Dianaker) Kota Depok. Pelatihan tersebut dilaksanakan sejak 7-15 Juni 2022 di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Continuing Education Program (CEP), Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Depok.

Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Disnaker Kota Depok, Tri Astuti mengatakan, terdapat dua aplikasi atau software yang dipelajari oleh para peserta. Yaitu Adobe Photoshop dan Corel Draw. 

"Untuk materi Photoshop diberikan oleh LPK CEP-FTUI dan untuk materi Corel Draw diberikan oleh Lembaga Pendidikan Inggris Amerika (LPIA) Depok," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (20/06) kemarin.

Ia menjelaskan, instruktur dan pemateri dari kedua lembaga tersebut sudah memiliki sertifikasi standar kompetensi metodologi dan teknis sebagai dosen dan pengajar desain grafis. Materi yang disampaikan mulai dari mengenalkan dan menggunakan software hingga mampun membuat suatu desain.

"Selain itu, kami juga sampaikan gambaran bekerja dalam industri desain grafis dan juga model wirausaha, peluang. Serta karya yang dapat dimanfaatkan oleh peserta pelatihan kedepan," terangnya.

Lanjut Tri, setelah mendapatkan pelatihan selama tujuh hari, para peserta melaksanakan Uji Kompetensi (Ujikom) dari lembaga Setifikasi Profesi di hari ke delapan.

Dengan demikian, nanti yang lulus Ujikom akan mendapatkan sertifikat dari BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang dapat dijadikan bekal dalam meningkatkan kepercayaan diri melamar pekerjaan.

"Semoga mereka dapat bekerja di tempat yang membutuhkan desain, baik di percetakan ataupun di perusahaan promosi. Selain itu, mereka juga bisa membuka wirausaha mandiri dengan memberikan jasa desain grafis yang sekarang juga banyak dibutuhkan," harapnya.

Sementara itu, Koordinator Pelatihan CEP-FTUI, Eny Prastyaningsih menambahkan, semua peserta telah mengikuti uji kompetensi BNSP yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Digital Teknologi pada Skema Desain Grafis. Sertifikasi ini diharapkan menjadi penyemangat dan mempermudah para pencari kerja untuk proses melamar pekerjaan nantinya.

 "Semoga sinergisitas antara Disnaker dengan LPK di Depok semakin meningkat. Salah satunya, dengan menyelenggarakan berbagai program pelatihan bersama, yang membuka peluang keahlian para pencaker," tandasnya. (JD09/ED02/EUD02)

Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Disnaker Kota Depok, Tri Astuti dan Koordinator Pelatihan CEP-FTUI, Eny Prastyaningsih foto bersama para peserta pelatihan di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Continuing Education Program (CEP), Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Depok, Kamis (16/06/22). (Foto : Diskiminfo).

YOUR REACTION?