UPTD Puskesmas Kalimulya melakukan penyuluhan terkait pencegahan virus Covid-19 (Corona) di RW 18 Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Senin (09/03/2020). (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id – Upaya pencegahan virus Corona (Covid-19) turut dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kalimulya. Salah satunya dengan mengadakan sosialisasi kepada warga dan pelajar di sejumlah sekolah yang berada di wilayah kerjanya.

“Kami terus melakukan upaya untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap virus Corona, agar mereka paham bagaimana cara pencegahannya. Minimal di keluarga sendiri atau di lingkungan sekitar rumah,” kata Kepala UPTD Puskesmas Kalimulya, Toni Hermawan, usai melakukan penyuluhan Senin (09/03/20).

Dijelaskannya, guna memaksimalkan sosialisasi tersebut, pihaknya melibatkan beberapa tenaga medis yaitu petugas promosi kesehatan, bidan, dan perawat. Adapun,  materi sosialisasi yang diberikan antara lain pengertian Covid-19, cara penularannya, cara mencuci   tangan, hingga penggunaan masker yang baik dan benar.

“Karena penularan Covid-19 ini melalui droplet, maka cukup pakai masker saja. Penggunaan masker disarankan hanya untuk orang yang sakit batuk atau pilek.  Jika sehat tidak perlu menggunakannya,” jelasnya.

Toni menambahkan, virus ini mempu bertahan selama 24 jam jika menempel pada permukaan suatu benda. Untuk itu, dirinya juga mengimbau masyarakat agar rutin mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas.

“Sampai saat ini obat dan vaksin virus Corona belum ditemukan. Tetapi kami anjukan masyarakat untuk mengkonsumsi  rempah-rempah. Seperti jahe, temulawak, dan kunyit karena mengandung zat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh,” pungkas Toni. (JD 05/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?