Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari saat melaunching Vaksinasi Keluarga di Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Kemarin (13/10/21). (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok turut berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Depok. Melalui program vaksinasi keluarga, pihaknya menyambangi warga di 11 kecamatan.

Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, vaksinasi keluarga ini sudah berjalan sejak 7 Oktober 2021.   Program besutan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini menggandeng beberapa bidan praktek mandiri, untuk menyisir keluarga-keluarga yang belum tervaksinasi.

"Vaksinasi Covid-19 dengan sasaran keluarga ini dikoordinasikan oleh BKKN bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, DPAPMK, dan Ikatan Bidan Indonesia. Selain dilaksanakan di Puskesmas juga berharap melibatkan praktek bidan mandiri, sehingga lebih mudah dijangkau masyarakat," katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (14/10/21).

Nessi mengungkapkan, sampai saat ini capaian dari kegiatan vaksinasi keluarga di Kota Depok sebanyak 4.166 orang atau sebesar 31,56 persen. Pihaknya menargetkan jumlah warga yang divaksinasi melalui program ini sebanyak 13.200 orang.

"Cakupan vaksinasi Kota Depok dosis satu mencapai 67,23 persen, maka diperlukan percepatan untuk tercapai herd immunity," ungkapnya.

Nessi menambahkan, tema yang digaungkan dalam program ini yaitu tuntaskan vaksinasi Covid-19 untuk mencapai herd immunity dengan gerakan vaksin keluarga di Kota Depok tahun 2021. Untuk itu, imbuhnya, perlu dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh sektor. Mulai dari pemerintah, organisasi masyarakat dan agama, maupun swasta.

"Kami imbau juga masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?