Apel siaga siaga yang digelar di Mapolres Pancoran Mas dihadiri jajaran Kecamatan Cipayung, Kecamatan Pancoran Mas dan Lurah serta mitra dari kedua wilayah setempat, Minggu (01/05/22). (Foto: JD 05/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Tim Gabungan Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) yang terdiri dari unsur aparatur kecamatan, TNI, Polri, dan mitranya melakukan pemantauan atau monitoring ke beberapa titik di wilayah tersebut. Langkah ini guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) saat malam takbiran.

Kapolsek Pancoran Mas, Kompol Triharijadi menjelaskan, sebanyak 79 petugas gabungan menyebar untuk mengamankan dua kecamatan yaitu Panmas dan Cipayung. Sasaran utama pengamanan tahun ini adalah takbiran keliling yang masih dilarang oleh Pemerintah Kota Depok, karena dapat menimbulkan kerumunan.

"Di wilayah kerja kami juga ada pasar tumpah di Kelurahan Depok, sesuai Surat Edaran (SE) Wali Kota itu dilarang. Kami akan lakukan pendampingan monitoring untuk pemantauan kegiatan tersebut," jelasnya kepada berita.depok.go.id, usai menggelar apel bersama di Mapolsek Pancoran Mas, Minggu (01/05/22).

Kompol Triharijadi menuturkan, euforia Perayaan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah akan sangat ramai dibanding dua tahun sebelumnya. Pasalnya, meski masih di masa pandemi Covid-19, namun pemerintah pusat telah mengizinkan untuk melakukan mudik dan salat Idulfitri di masjid. 

"Kami akan tetap monitoring wilayah mulai malam takbiran sampai pada saat salat Idulfitri besok, mudah-mudahan semua dapat berjalan kondusif. Pos Pam Polsek Panmas kini juga berada di depan Tol Desari," paparnya.

Di tempat yang sama, Camat Pancoran Mas, Syaiful Hidayat mengimbau masyarakat di wilayahnya untuk tidak menggelar takbiran keliling atau keluar dari sekitar permukiman tempat tinggal. Dirinya mengarahkan untuk meramaikan malam takbiran di masjid dan musala.

"Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1443 H, mohon maaf lahir batin. Semoga semua warga Panmas diberikan keberkahan oleh Allah SWT," tandasnya.

Dalam apel siaga yang digelar di halaman Mapolsek Pancoran Mas tersebut, turut diikuti oleh Camat Cipayung, Camat Pancoran Mas dan para Lurah, serta mitra Polsek Pancoran Mas. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?