Foto: JD 05/Diskominfo

Lurah bersama Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Cisalak melakukan monitoring dan evaluasi (monev) menjelang pelaksanaan salat id dan kurban di beberapa Masjid dan Musala, Kamis (30/07/2020).

berita.depok.go.id - Tiga pilar Kelurahan Cisalak hari ini meninjau sejumlah masjid dan musala yang diizinkan menyelenggarakan Salat Iduladha 1441 Hijriah di masa pandemi Covid-19. Tinjuan tersebut sekaligus memastikan pelaksanaannya nanti tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.


Lurah Cisalak, Wiyana mengatakan, dalam peninjauan tersebut, tiga pilar melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap rencana pelaksanaan Iduladha di masjid yang diperbolehkan. Di antaranya Masjid Al Manar, Musala Al Amin, dan Masjid di Ranting Muhammadiyah Cisalak.

"Alhamdulillah dari ketiga tempat ibadah ini, sudah sesuai dengan ketentuan yang diinstruksikan oleh Pemerintah Kota Depok. Artinya seluruh masjid dan musala di Cisalak sudah siap melaksanakan Salat Iduladha dan pemotongan hewan kurban," katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (30/07/20).

Lebih lanjut, Wiyana menuturkan, semua panitia kurban yaitu Juru Sembelih Halal (Juleha) juga sudah mengikuti rangkaian Rapid Test Covid-19 sejak tadi pagi. Dari pemeriksaan tersebut, seluruhnya dinyatakan non-reaktif.

"Alhamdulillah hasilnya non-Reaktif untuk seluruh Juleha," jelasnya.

Kemudian, sambungnya, pendistribusian daging kurban akan dilakukan langsung oleh panitia ke rumah mustahik dengan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Hal ini sebagai tindaklanjut dari Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor: 443/287/Huk/DKP3 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Non Alam Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kota Depok.

"Pemerintah sedang berusaha memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Mari kita bantu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama melaksanakan Salat Iduladha dan saat pelaksanaan kegiatan kurban," pungkas Wiyana. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?