Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida saat menyampaikan tausiah melalui kanal youtube, Sabtu (16/04/22). (Foto: tangkapan layar).

berita.depok.go.id- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida, kembali memberikan tausiah pada hari ke-14 Ramadan. Adapun yang menjadi tema kali ini adalah Ramadan sehat, imun kuat.

“Ramadan merupakan resep terbaik yang memungkinkan umat beriman menjalani hidup secara sehat dan holistik,” jelasnya, Sabtu (16/04/22).

Bunda Elly, panggilan akrabnya, menjelaskan, manfaat puasa bagi kesehatan antara lain menormalkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, memperbaiki sistem pencernaan detoksifikasi selama sebulan penuh, dan mengurangi stres.

Dikatakan Bunda Elly, berpuasa mempunyai pengaruh yang baik bagi sistem imun, tetapi dengan beberapa catatan. Antara lain, puasa dilakukan dengan memperhatikan pola makan seimbang ketika berbuka dan sahur, istirahat dan olahraga yang cukup, serta tidak stres.

“Saat puasa konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh terlebih dalam situasi pandemi,” ungkapnya.

Selanjutnya, Bunda Elly berbagi cara sehat puasa di Bulan Ramadan. Pertama, mengurangi konsumsi gorengan dan makanan pedas. Pasalnya, dapat menyebabkan mulas dan mengganggu pencernaan.

"Jadi perbanyak sayur, salad, dan buah," katanya.

Kedua, minum air putih yang cukup. Kemudian, mengonsumsi makanan dengan kandungan cairan tinggi untuk berbuka puasa seperti mentimun dan semangka.

Ketiga, istirahat yang cukup. Dikatakannya, meski beraktivitas di bulan Ramadan tetapi tetap memperhatikan waktu istirahat untuk menjaga tingkat energi di siang hari.

“Yuk mulai tingkatkan kesehatan tubuh. Ingat pola makan, istirahat, dan asupan mineral baik untuk tubuh sehingga kita dapat menjalani hari-hari dengan baik, jiwa sehat, imun kuat, dan penuh bahagia,” pungkasnya. (JD 02/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?