Penera UPTD Metrologi Kota Depok sedang melakukan uji keakuratan terhadap alat ukur di SPBU Cibubur, belum lama ini. (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi Kota Depok kembali menggelar sidang tera ulang terhadap Alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) di tahun ini. Pihaknya menargetkan sebanyak 2.400 alat ukur yang akan ditera ulang.

Kepala UPTD Metrologi Kota Depok, Sarmadi mengatakan, sidang tera ulang akan menyasar ke beberapa lokasi. Seperti pasar tradisional, perusahaan, apotek, Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU), dan lain sebagainya.

"Diperkirakan setelah lebaran Idulfitri atau sekitar Juni, kami akan roadshow sidang tera ulang UTTP ke lapangan," katanya kepada berita.depok.go.id, Senin (19/04/2021).

Dia menyebutkan, sidang tera dimaksudkan untuk menjaga keakuratan hasil ukur dari UTTP yang digunakan. Dengan begitu, hasil pengukurannya tidak merugikan konsumen dan pembeli.

"Masing-masing alat ukur kami bisa menguji 6-10 menit. Diupayakan seluruh UTTP di satu lokasi selesai dalam sehari," ujarnya.

Sarmadi menuturkan, UTTP ditera ulang minimal satu tahun sekali. Namun, imbuhnya, sejak pandemi Covid-19 aktivitas tera-tera ulang di lapangan menurun.

"Selain melakukan tera ulang ke lapangan, kami juga menerima pelayanan dari dalam atau masyarakat mendatangi langsung ke kantor. Hal ini dilakukan untuk mendorong Kota Depok sebagai Kota Tertib Ukur," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?