Lurah PGS, Supriyatun. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id-Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS) menargetkan semua RW di wilayahnya menjadi ramah anak di tahun 2020. Saat ini, sudah memiliki 11 RW Ramah Anak dari 15 RW yang ada di Kelurahan PGS.

“Masih ada empat RW yang belum terbentuk, terus kami optimalkan agar tahun ini seluruhnya dapat menjadi ramah anak,” tutur Lurah PGS, Supriyatun kepada depok.go.id, Kamis (23/01/20).

Dikatakan Supriatun, pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar terbentuk RW Ramah Anak. Mulai dari sosialisasi pembinaan, hingga pembentukan pengurus RW Ramah Anak.

“Selain sosialisasi, kami juga memberikan bimbingan untuk membentuk struktur RW Ramah Anak, baik kepada para ketua RW maupun kader PKK,” tuturnya.

Dia menambahkan, pembentukan RW Ramah Anak merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak anak karena terdapat lima indikator dalam pembentukannya. Pertama, pemenuhan hak sipil dan kebebasan, kedua, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif.

Kemudian ketiga, kesehatan dan kesejahteraan dasar. Keempat, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya. Kelima, perlindungan khusus.

“Semoga dengan dibentuknya RW Ramah Anak, kasus kekerasan terhadap anak tidak ada di Kelurahan PGS dan semua pemenuhan hak anak dapat dilakukan secara optimal,” pungkasnya. (JD 02/ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?