Camat Cimanggis Dodi Setiawan saat memberikan sambutan pada kegiatan Pembinaan 10 Tatanan Kota Sehat. (Foto:JD04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Kecamatan Cimanggis terus berupaya menuntaskan perilaku buang air besar (BAB) sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) di semua kelurahan. Tahun ini ada dua kelurahan, yakni Mekarsari dan Tugu menjadi fokus percepatan ODF. 

Camat Cimanggis, Dodi Setiawan mengatakan, dalam menuntaskan perilaku ODF, pihaknya melibatkan pentahelix di wilayah Cimanggis. Pasalnya, dalam menuntaskan perilaku tersebut, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. 

“Kami akan maksimalkan percepatan ODF di Kelurahan Tugu dan Mekarsari bersama akademisi, dunia usaha atau bisnis, komunitas masyarakat, dan media,” tuturnya kepada berita.depok.go.id usai kegiatan Pembinaan 10 Tatanan Kota Sehat di aula kantor Kecamatan, Kamis (23/06/22).

Lebih lanjut, ujar Dodi, pihaknya juga sudah melakukan pembinaan di lokasi khusus yang belum memenuhi ODF. Dengan harapan masyarakat dapat membangun septic tank secara swadaya.

“Sudah kami sampaikan langsung ke masyarakat, dan sudah ada yang siap untuk membangun septictenk sendiri,” tambahnya.

Dalam hal ini, untuk di Kelurahan Mekarsari masih ada 70 keluarga yang belum ODF. Sedangkan di Kelurahan Tugu ada 62 keluarga yang belum ODF. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?