Inspektur pada Irda Kota Depok, Firmanuddin. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Tahun 2020, Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok akan melakukan pendampingan Zona Integritas (ZI) yang menyasar seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Depok. Program ini untuk merespons perubahan status Puskesmas yang sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Dengan status BLUD, Puskesmas selain melakukan praktik pelayanan publik, juga menjadi setengah korporasi," kata Inspektur pada Irda Kota Depok, Firmanuddin  di Balai Kota Depok, Jumat (31/01/20). 

Dikatakannya, sebelumnya pendapatan Puskesmas disetor di kas daerah. Sekarang, imbuhnya, uang tersebut bisa dikelola langsung untuk menutupi biaya operasional. Misalnya dana kapitasi dan non-kapitasi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Dengan demikian, kita memandang perlu membentuk sistem pengendalian di seluruh Puskesmas dibangun menjadi ZI," tuturnya.

Firman menambahkan, tahun sebelumnya pihaknya sudah melakukan pendampingan ZI terhadap Puskesmas Limo. Untuk selanjutnya, pembangunan ZI akan dilakukan di 37 Puskesmas lainnya.

"Kita ingin mewujudkan puskesmas yang bebas dari korupsi, pelayanannya menjadi birokrasi yang bersih dan melayani. Zero Complain dari pasien dan masyarakat," tutupnya. (JD 07/ED02/EDU 02)

YOUR REACTION?