Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono

berita.depok.go.id –Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok akan kembali menambah pemasangan wifi gratis sebanyak 50 titik yang tersebar di beberapa fasilitas publik di tahun ini. Pemasangan wifi ini merupakan upaya dalam mendukung Program Smart City (Kota Cerdas) di Kota Depok.


Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, tujuan dari pemasangan wifi tersebut selain untuk mendukung program Smart City, juga  untuk mendorong masyarakat agar berdaya guna. Dengan demikian, dapat  menambah nilai perekonomian masyarakat setempat.


Lebih lanjut, ucap Sidik,  program pemasangan wifi gratis telah dilaksanakan sejak tahun 2016. Hingga tahun 2019, sudah lebih dari 200 wifi yang terpasang.

"Lokasi pemasangan kami prioritaskan di fasilitas umum.  Seperti taman kelurahan dan RW, tempat ibadah, dan lain sebagainya," katanya kepada berita.depok.go.id, Senin (27/01/20).

Sidik mengungkapkan, lokasi pemasangan wifi juga bisa melalui pengajuan dari masyarakat. Sebelum pemasangan, pihaknya  akan melakukan pengecekan ke lapangan guna memastikan lokasi tersebut terhubung dengan jaringan Fiber Optik (FO).

"Syaratnya lokasi itu harus terhubung dengan jaringan FO. Kalau belum terhubung kami juga akan fasilitasi. Namun, tentunya juga harus ada yang mengelola wifi-nya" ungkapnya.

Dia berharap, pengelola wifi gratis ini memahami terkait Informasi Teknologi (IT). Dengan begitu dapat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mensosialisasikan internet sehat kepada masyarakat.

"Wifi gratis ini diharapkan dapat dimanfaatkan warga untuk kegiatan positif," tandas Sidik. (JD 05/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?