Pemberian logisitik oleh Tagana Depok untuk korban bencana puting beliung di Kantor Kelurahan Rangkapan Jaya. (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) terus bersiaga membantu warga terdampak bencana. Salah satunya membantu warga yang terdampak hujan deras dan angin puting beliung pada Minggu (15/05) lalu. 

Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Alam dan Sosial, Dinsos Kota Depok, Sutadi menuturkan, Tagana Kota Depok selalu siap 24 jam dalam menangani setiap bencana yang ada di Kota Depok. Para personel Tagana tersebar di setiap kecamatan.

"Sedikitnya ada 30 personel Tagana Kota Depok. Kami selalu memantau jika ada kejadian bencana dan berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik dalam tindakan mitigasi maupun penyelamatan,”ucapnya kepada berita.depok.go.id Rabu (18/05/22)

Sutadi mengungkapkan, terdapat 143 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak bencana angin puting beliung. Pihaknya juga langsung melakukan assement untuk menentukan bantuan yang diberikan kepada masyarakat. 

“Lokasi terdampak ada di RT 07, RT 08 dan RT 09, Kelurahan Sawangan Baru, RW 03 Kelurahan Rangkapan Jaya, RW 2 RW 10 dan RW 11 Kelurahan Mampang, serta RW 06, RW 04 dan RW 08 Kelurahan Bedahan. Kurang lebih ada 143 KK terdampak seperti rumah yang ambrol atau atap rumah rumah yang terbang karena angin kencang,” jelasnya. 

Dikatakannya, pihaknya langsung memberikan batuan logisitik kepada warga terdampak. Seperti air mineral, beras, mie instan dan sebagainya. 

“Kami memberikan matras, selimut, perlengkapan bayi, terpal dan sebagainya. Tagana juga membantu warga untuk evakuasi di sekitar lokasi kejadian bencana,”ungkapnya. 

Lanjutnya, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan ketua RT-RW setempat. Termasuk, berkomunikasi dengan petugas Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 jika ada masyarakat yang melaporkan kejadian.

Terakhir, dirinya berpesan kepada masyarakat Depok untuk tidak panik dan segera melapor ke ketua lingkungan setempat jika terjadi bencana. Pihaknya akan sigap memberikan pertolongan.

“Kalau terjadi bencana segera lapor kepada RT-RW setempat agar kami juga segera ke lokasi untuk membantu,” tandasnya (JD 03/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?