Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida. (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Bunda Elly Farida mengajak orang tua yang memiliki anak usia balita agar membawanya untuk mendapatkan imunisasi di fasilitas kesehatan terdekat. Pasalnya, bulan ini merupakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

"Saya Bunda Elly mengajak seluruh ayah dan bunda di Kota Depok, mari kita sukseskan BIAN 2022 yang secara serentak dilakukan pada Agustus - September di Posyandu, Satuan Pendidikan Sekolah, Puskesmas, Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) dan lainnya," katanya dalam Channel Youtube pribadinya, Jumat (05/08/22).

Bunda Elly menuturkan, BIAN adalah kegiatan imunisasi tambahan campak-rubella dan imunisasi kejar pada anak yang belum mendapatkan imunisasi secara lengkap. Sebab, adanya pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap penurunan cakupan imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan secara signifikan.

Lanjut Bunda Elly, adapun sasaran imunisasi tambahan campak-rubella untuk anak usia 9 - 59 bulan. Sedangkan imunisasi kejar untuk anak usia 12 - 59 bulan.

"Anak-anak yang tidak lengkap imunisasinya, akan lebih rentan 16 kali terhadap penyakit, padahal bisa dicegah dengan imunisasi," tuturnya.

Bunda Forum Anak Kota Depok ini juga mengungkapkan, anak adalah investasi bangsa, pemenuhan hak-haknya adalah kewajiban semua, termasuk hak kesehatan. Hak kesehatan yang harus terpenuhi di antaranya pemenuhan perlindungan terhadap penyakit melalui imunisasi.

Berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), imunisasi pada dasarnya diperbolehkan (mubah) sebagai bentuk ikhtiar mewujudkan kekebalan tubuh. Sekaligus dalam rangka mencegah terjadinya penyakit.

"Vaksin ini sudah mendapatkan rekomendasi WHO dan izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?