Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah. (Istimewa)

 berita.depok.go.id-Sejumlah aktivitas mendapatkan pembatasan di masa pandemi Covid-19, termasuk kegiatan literasi. Karena itu, banyak instansi dan komunitas yang berinovasi dalam berkegiatan, salah satunya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kincir Ulin di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi TBM Kincir Ulin yang sukses menggelar kegiatan Wicara Bersama Taman Bacaan se-Nusantara. Dengan tema, Mempertahankan Taman Baca di Masa Pandemi.

"Sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas TBM Kincir Ulin.

Kegiatan itu sangat memotivasi TBM untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam kegiatan literasi," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (26/04/21).

Terlebih, lanjut dia, di masa pandemi TBM harus menyatu dengan lingkungan di sekitarnya. Namun yang terpenting TBM mampu memberikan manfaat bagi lingkungannya.

Di tempat berbeda, Ketua Pelaksana Parade Kincir Ulin, Srihani Hadiningrum Alsyanie menambahkan, kegiatan yang digelar mereka berawal dari keresahan terkait banyak taman baca yang mesti terhenti kegiatannya. Bahkan harus menutup TBM di masa pandemi ini.

"Sementara itu, anak-anak kehausan akan buku dan asyiknya main di TBM. Setiap hari pasti tanya TBM kapan buka" tuturnya.

Karena itu, ucapnya, TBM Kincir Ulin ingin memantik kembali sahabat pegiat literasi. Terutama dari TBM se-Nusantara yang ingin berbagi kisah dan perjuangan serta saling mengingatkan dan menguatkan.

"Semoga dengan upaya yang dilakukan dapat memberikan semangat ke para pegiat literasi, terutama pengurus TBM. Kemudian dapat menyelaraskan dan mewujudkan Depok Kota Cerdas Literasi," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?