Foto: istimewa

Bunda Literasi Kecamatan Sukmajaya, Yulia Oktavia bersama beberapa komunitas sedang mendongeng di RW 20 Kelurahan Baktijaya, dalam Program Satu Rumah Satu Pendongeng.

berita.depok.go.id - Bunda Literasi Kecamatan Sukmajaya, Yulia Oktavia berkolaborasi dengan Komunitas Dongeng Lagi Dong menggalakan program Satu Rumah Satu Pendongeng. Sebagai pilot project atau percontohan, program ini dimulai di RW 20 Kelurahan Baktijaya.

Yulia Oktavia mengatakan, untuk menyukseskan program ini, pihaknya juga menggandeng Komunitas Ruang Baca Sarang Buku dan Sangkar Semut. Dengan tujuan untuk menumbuhkan kembali minat literasi, terutama mendongeng.

"Kami mencoba mengetuk semua orang dewasa yang ada di dalam rumah supaya dapat berkomunikasi secara baik dengan anggota keluarga, khususnya anak-anak," katanya kepada berita.depok.go.id," Selasa (16/02/21).

Dirinya menjelaskan, gerakan ini cukup berbeda dari biasanya yang mengandalkan pendongeng untuk bercerita. Dikatakannya, Para remaja yang tergabung dalam komunitas tersebut yang akan secara bergilir memberikan cerita kepada anak-anak.

"Pokja 2 TP-PKK Kecamatan Sukmajaya akan mengawalinya dengan pendampingan. Ketika kegiatan sudah berjalan dengan baik akan dicoba kolaborasi dengan Pos Paud melalui inovasinya yakni Koper Baca Keliling (Kobaling)," jelasnya.

Melalui program tersebut, Yulia berharap, tercipta kedekatan emosional dan komunikasi yang positif di antara anggota keluarga. Dengan begitu, nilai-nilai positif dapat tersampaikan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami anak.

"Kami sangat berharap minat baca semakin meningkat dan kebiasaan mendongeng kembali hidup di setiap rumah," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?