Pemenang Lomba Inovasi Pasar Rakyat tingkat Kota Depok tahun 2022. (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id - Rangkaian penilaian Lomba Inovasi Pasar Rakyat Tahun 2022 yang dilaksanakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok sudah berakhir. Dari lomba tersebut, terpilih tiga pasar rakyat terbaik yaitu Pasar Sukatani, Tugu, dan Cisalak.

Kepala Bidang Sarana dan Pembinaan Pasar Disperdagin Kota Depok, Diana Puspitasari menjelaskan, Pasar Sukatani meraih Juara I dengan nilai 83,0, Pasar Tugu Juara II dengan nilai 82,3, dan Pasar Cisalak Juara III dengan nilai 78,5. Penetapan ketiganya berdasarkan hasil keputusan juri melalui Berita Acara Nomor 903/373/VI/SPPR/DISDAGIN/2022 tanggal 2 Juni 2022.

"Ketiga pasar ini adalah Pasar Standar Nasional Indonesia (SNI), sinergitas antara Paguyuban Pedagang dan UPTD Pasar juga sudah terjalin dengan baik namun perlu ditingkatkan," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (08/06/22).

Diana menyebut, pihaknya melakukan penilaian secara profesional dengan melibatkan tim juri dari berbagai Perangkat Daerah. Dalam mekanismenya, penilaian terbagi menjadi dua yaitu bobot administrasi 70 persen dan 30 persen dilihat dari presentasi Paguyuban Pedagang.

Setiap Paguyuban Pasar memaparkan empat aspek yang masuk dalam kategori penilaian. Meliputi aspek administrasi, sinergisitas, digitalisasi, dan inovasi.

"Para pemenang mendapatkan hadiah, masing-masing Juara I sebesar Rp 14 juta, juara II Rp 10 juta, dan juara III Rp 6 juta," ujarnya.

Diana menambahkan, Lomba Inovasi Pasar Rakyat tingkat kota ini bertujuan untuk memperkuat sinergisitas dan menciptakan inovasi antara UPTD Pasar dengan Paguyubannya. Pasalnya, kedua elemen ini memiliki peran penting dalam memajukan sebuah pasar.

"Lomba ini sebelumnya diikuti sebanyak tujuh pasar di Kota Depok. Antara lain Pasar Cisalak, Pasar Sukatani, Pasar Tugu, Pasar Agung, Pasar Kemiri Muka, Pasar Musi, dan Pasar Depok Jaya," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?