Petugas kesehatan Puskesmas Harjamukti saat memberikan penyuluhan. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Harjamukti terus melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan nol kasus Coronavirus (Covid-19) di wilayahnya. Salah satunya dengan melakukan penyuluhan dan intensif menjalin komunikasi bersama warga.

“Perkembangan keadaan warga terus kami pantau, tidak bosan-bosan juga kami jalin komunikasi melalui jejaring grup whatsapp untuk menyapa warga,” tutur Kepala UPTD Puskesmas Harjamukti, Eni Ernawati kepada berita.depok.go.id, Jumat (03/07/20).

Dikatakannya, dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas juga kerap diberikan penyuluhan setiap 10 menit sekali. Tentunya terkait informasi pencegahan dan penerapan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Eni menuturkan, pihaknya juga memberikan edukasi preventif dan promotif kepada kader PKK di Harjamukti untuk turut serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan nutrisi seimbang. Selain itu juga melakukan olahraga rutin sebanyak dua atau tiga kali setiap minggunya.

“Kami arahkan untuk berpedoman pada slogan CERDIK. Yaitu dengan rutin cek kesehatan, rajin olahraga, diet gizi seimbang, kurangi faktor resiko stress dan enyahkan asap rokok,” tambahnya.

Dalam hal ini, sambung Eni, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan elemen terkait untuk terus mengedepankan protokol kesehatan. Mengingat, Kelurahan Harjamukti berdekatan dengan beberapa wilayah zona merah dan berbatasan dengan DKI Jakarta.(JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?