Foto bersama Pengurus Posko Kampung Siaga Tangguh Jaya (KTSJ) RW 06 Kelurahan Sukatani. Foto : (Istimewa).

berita.depok.go.id-Warga RW 06, Kelurahan Sukatani mempunyai gerakan swadaya berbagi di tengah pandemi Covid-19. Mereka menyiapkan bantuan berupa kebutuhan logistik untuk meringankan beban warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Ketua RW 06 Kelurahan Sukatani, Samsudin Aloy mengatakan, awal tercetusnya gerakan swadaya ini karena banyaknya warga yang melakukan isoman. Itu dikarenakan ketersediaan ruang isolasi di Makara UI dan Rumah Sakit (RS) penuh.

"Dan kebetulan bantuan sosial yang dibagikan pemerintah belum semua warga mendapatkan karena dibagikan secara bertahap," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (04/08/21).

Lanjut dia, menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya menyiapkan sejumlah logistik khususnya bagi warga isoman. Antara lain sembako, swab test, oksimeter, Alat Pelindung Diri (APD) dan juga ambulans warga.

"Kami juga menyiapkan lima tabung oksigen di posko. Lalu saya minta tiap RT punya tabung oksigen," terangnya.

Dikatakannya, selama ini pihaknya juga ikut membantu beberapa RW lain di Kelurahan Sukatani, dan Sukamaju Baru. Dari total 206 warga yang terkonfirmasi dengan gejala ringan dan berat untuk logistiknya 100 persen di tanggung gerakan ini.

Selain itu, sambungnya, untuk tabung oksigen sudah 20 orang lebih yang memanfaatkan, baik dari di wilayah RW 06 maupun dari luar wilayah RW 06.

"Alhamdulillah, selama ini kita selalu berkoordinasi dengan camat dan lurah serta TNI dan Polri support kita," tutupnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

Penyaluran bantuan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Foto : (Istimewa).

YOUR REACTION?