Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jayakarta, Mayjen TNI Dudung Abdurachman (dua dari kanan) saat mengecek proses pengerjaan normalisasi Situ Cilodong, Selasa (29/09/20).  (Foto: JD 05/Diskominfo).

berita.depok.go.id – Situ Cilodong saat ini mulai dinormalisasi. Pengerjaannya dilakukan langsung oleh Kodam Jayakarta dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI).

Komandan Detasemen Zeni Tempur 3 Kodam Jaya, Mayor Czi Septian Herpriyono mengatakan, normalisasi situ tersebut sudah berjalan lima hari. Dengan melibatkan 20 personel TNI.

"Normalisasi akan dilakukan selama beberapa minggu ke depan. Tadi Pangdam juga datang mengecek sudah sejauh mana pengerjaannya,” ujarnya saat mendampingi Pangdam Jayakarta meninjau Situ Cilodong, Selasa (29/09/20).

Dikatakannya, batas waktu normalisasi situ ini ditetapkan selama 41 hari. Namun, pihaknya optimistis mampu menyelesaikan  dalam kurun waktu 20 hari. 

"Kami berkomitmen akan selesai dalam waktu kurang lebih 20 hari," ucapnya.

Dikatakannya, normalisasi terhadap situ yang berlokasi di Kelurahan Kalibaru tersebut karena sedimentasi. Hal tersebut kerap menimbulkan banjir ketika musim penghujan.

"Akibat dari sedimentasi itu, situ jadi tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga perlu kami normalisasi agar kondisi Situ Cilodong kembali berfungsi menampung debit air saat hujan," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?