Dokter Spesialis Dalam Rumah Sakit (RS) Hasanah Graha Afiah (HGA), Yuni Anisa saat membagikan tips menjaga kesehatan selama ibadah haji di Mekkah. (Foto: tangkapan layar).

berita.depok.go.id- Tahun ini, Kota Depok memberangkatkan sebanyak 776 jemaah calon haji (calhaj) ke tanah suci Mekkah. Dengan banyaknya aktivitas selama menjalankan ibadah haji di sana, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang penting.

Dokter Spesialis Dalam Rumah Sakit (RS) Hasanah Graha Afiah (HGA), Yuni Anisa memberikan tips kepada Calhaj sebelum keberangkatan dan saat di Tanah Suci. Antara lain, membawa perbekalan dan mengonsumsi obat rutin yang cukup selama berada di sana.

“Khususnya bagi penderita sakit jantung, hipertensi dan diabetes mellitus. Jika terjadi masalah kesehatan, segera hubungi petugas,” ujarnya dalam kegiatan Webinar Haji Sehat, Haji Mabrur, Sabtu (04/06/22).

Kedua, lanjutnya, bila sedang sakit, istirahat yang cukup. Mengingat aktivitas ibadah bisa disesuaikan dan bisa lakukan di hotel. Menggunakan pelembab, terutama pelembab bibir untuk mencegah kerusakan kulit dan bibir.

“Ketiga, kurangi aktivitas di ruangan terbuka serta memakai pakaian sesuai dengan lingkungan, menutup aurat dan memakai pakaian yang mudah menyerap keringat. Contoh, pakaian berbahan katun dan longgar,” ucapnya.

Untuk menghindari cuaca ekstrem di malam hari, kata Dokter Yuni, Calhaj wajib memakai pakaian tebal menutupi tubuh. Seperti, menggunakan kaos kaki, sarung tangan, dan penutup leher atau syal. 

“Terakhir, menggunakan masker. Gunakan masker yang sedikit dibasahi untuk melembabkan udara, Ini juga bertujuan untuk mencegah mimisan dan masuknya debu ke saluran pernapasan,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?