Illustrasi korsleting listrik. (Foto : istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berbagi tips pencegahan kebakaran akibat korsleting atau hubungan arus pendek listrik. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar tidak terjadi korsleting listrik.

"Pertama, menggunakan peralatan elektronik sesuai dengan prosedur dan kualitas standar yang ditetapkan dengan tidak menggunakan satu stop kontak untuk banyak barang elektronik,” ujar Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana kepada berita.depok.go.id, Rabu (25/05/22).

Kedua, lakukan perawatan instalasi listrik secara berkala, paling tidak dalam kurun waktu 10 tahun, pengecekan bisa dilakukan secara mandiri maupun dibantu oleh petugas PLN. Ketiga, matikan peralatan yang menggunakan listrik saat selesai digunakan.

"Keempat, tidak mengganti sekring pemutus arus listrik induk tanpa izin dari PLN," tuturnya.

Kelima, jika ingin memasang atau menambah instalasi listrik baru harus menggunakan instalator resmi. Kemudian dipasang oleh petugas yang berwenang.

"Disarankan juga setiap rumah maupun tempat usaha menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk penanganan pertama jika terjadi kebakaran. Dengan rincian tabung 5 Kg untuk skala rumah tangga dan tempat usaha 6 Kg," tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?