Kegiatan Pembekalan PP dan Ambulans, di Aula Markas PMI Kota Depok, Selasa (26/04/22). (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id- Menjelang libur panjang Hari Raya Idulfitri, sebanyak 40 personel Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok dibekali Pelayanan Pertolongan Pertama (PP) dan ambulans. Pembekalan diberikan kepada relawan yang memiliki dasar pertolongan pertama, berikut dengan tenaga kesehatan (nakes).

“Pembekalan diberikan untuk para petugas layanan pertolongan pertama dan ambulans di pos pengamanan dalam rangka siaga lebaran 2022. Kami libatkan relawan yang memiliki basic pertolongan pertama dan juga ada nakes-nya,” ujar Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz di sela kegiatan Pembekalan PP dan Ambulans di Aula Markas PMI Kota Depok, Kalimulya, Selasa (26/04/22).

Adapun, lanjutnya, materi yang disampaikan meliputi penanganan korban kecelakaan, gangguan medis, gangguan trauma pasca kecelakaan, penanganan korban dengan keadaan tersulit. Kemudian, kenyamanan dan keamanan korban saat ditolong.

“Jadi memang, sebelum terjun ke lapangan (relawan), ada pembekalan terlebih dahulu. Untuk pematerinya sendiri merupakan senior di PMI Kota Depok. Saat di lapangan, kami akan memberikan pelayanan kesehatan serta pembagian masker dan hand sanitizer. Intinya kami standby,” terangnya.

Dudi Berharap, pelaksanaan siaga lebaran dapat berjalan dengan baik. Tidak ada korban kecelakaan, baik yang ringan maupun serius.

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami ingin memberikan pelayanan supaya masyarakat lebih nyaman, aman dan tenang berhari raya. Kami petugas kemanusiaan sifatnya ingin bantu semaksimal mungkin. Mudah-mudahan keberadaan kami bisa dirasakan oleh masyarakat dalam misi kemanusiaan,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?