Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Depok, Sidik Mulyono membuka seminar tentang peningkatan partisipasi perempuan dalam pembangunan ketahanan keluarga Kota Depok di Aula Serbaguna, Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Selasa (18/01/22). (Foto: JD04/ Diskominfo).

Uberita.depok.go.id - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok menggelar seminar tentang peningkatan partisipasi perempuan dalam pembangunan ketahanan keluarga Kota Depok. Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Depok, Sidik Mulyono.

Sidik mengatakan, seminar ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam melaksanakan misi ketiga Kota Depok. Yaitu mewujudkan masyarakat yang religius dan berbudaya berbasis kebhinekaan dan ketahanan keluarga.

"Pengarusutamaan Gender (PUG) meski cenderung kepada perempuan namun laki-laki juga berperan penting dalam keluarga," katanya saat membuka kegiatan seminar di Aula Serbaguna, Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Selasa (18/01/22).

Sidik mengungkapkan, dibalik kesuksesan suami tidak lepas dari keterlibatan peran istri. Untuk itu, dirinya menekankan lima hal yang harus dilakukan sebagai istri Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Depok.

Pertama, istri harus mampu berperan sebagai partner hidup. Kedua, sebagai pendengar yang baik. Ketiga, sebagai pendukung suami. Keempat, berperan sebagai penasihat suami. Kelima, mampu berperan sebagai ibunya suami.

"Saya harap seminar seperti ini juga perlu untuk para suami belajar memahami perannya mengendalikan rumah tangga, supaya seimbang perannya antara istri dan suami," jelas Sidik.

Di tempat yang sama, Kepala DP3AP2KB Kota Depok, Nessi Annisa Handari menuturkan, dalam rangka upaya percepatan pelaksanaan PUG, Pemkot Depok menjadikan ketahanan keluarga sebagai sasaran pembangunan strategis. Pasalnya, kata Nessi, sebuah keluarga yang berkualitas dibangun dengan melibatkan seluruh anggota keluarga melalui pembagian tugas masing-masing sesuai peran gendernya.

"Salah satu tujuan seminar ini untuk meningkatkan pengetahuan serta menguatkan peran dan fungsi individu, terutama istri di dalam keluarga secara seimbang dan adil guna memperkokoh ketahanan keluarga," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?