Petugas Damkar Depok berhasil mengevakuasi ular sanca di Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sukmajaya. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengamankan sebanyak 67 ekor ular selama tiga bulan terakhir. Hewan liar tersebut dievakuasi karena masuk ke pemukiman warga. 

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos merinci, pada bulan Januari pihaknya berhasil mengamankan 16 ekor. Kemudian, Februari 18 ekor dan Maret 33 ekor.

"Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu. Dimana pada tiga bulan pertama mencapai 39 ekor ular yang dievakuasi," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (07/04/22).

Dikatakannya, puluhan ekor ular yang dievakuasi terdiri dari beberapa jenis yaitu sanca, kobra, welling dan ular ijo. Namun, sebagian besar di antaranya adalah sanca.

"Ular dievakuasi di tempat yang berbeda-beda. Ada yang di loteng, kamar mandi, dapur hingga ruang keluarga," katanya.

Lebih lanjut, kata Welman, bagi warga yang membutuhkan bantuan kegawatdaruratan bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau Tim Rescue Damkar Depok di nomor 021-77827280.

"Tidak perlu panik jika ada ular masuk ke rumah. Hindari menyentuh, memegang atau menangani ular jika tidak terlatih," tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?