Personil Damkar Depok saat mengevakuasi seekor ular sanca di pemukiman warga. (Foto : istimewa).

berita.depok.go.id - Sejak Januari hingga Oktober 2021, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok telah berhasil mengevakuasi sebanyak 120 ular. Adapun jenis ular yang dievakuasi antara lain kobra dan sanca.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos merinci, evakuasi paling banyak dilakukan pada bulan Juni sebanyak 21 kali, Maret 15 kali, Mei 14 kali. Kemudian Januari, Februari, April, dan Agustus masing-masing 12 kali.

"September 10 kali, Oktober tujuh kali dan Juli lima kali," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (18/11/21).

Dirinya mengatakan, ratusan ular dievakuasi di tempat yang berbeda-beda. Ada yang di loteng, kamar mandi, dapur hingga kamar tidur.

"Maka dari itu, kami meminta kepada warga untuk berhati-hati dan melakukan pencegahan dengan membersihkan area rumah agar tidak mengundang ular," katanya.

Lebih lanjut, kata Welman, bagi warga yang membutuhkan bantuan bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau Tim Rescue Damkar Depok di nomor 021-77827280.

"Tidak perlu panik jika ada ular masuk ke rumah. Hindari menyentuh, memegang atau menangani ular jika tidak terlatih," tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?