Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Depok, Nurlaelah  saat menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional yang digagas Perkumpulan Wartawan Online Independen (PWOIN) di Gedung Pemuda, Kecamatan Sukmajaya, Minggu (27/02/22). (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Depok, Nurlaelah mengingatkan insan pers di kotanya agar tetap menjaga kredibilitas, berimbang dan bertanggung jawab dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Sebab, pers memiliki peran yang sangat krusial dan penting dalam menciptakan dan mengelola opini publik.

"Jika melihat fungsi pers sebagai pemberi informasi, edukasi, hiburan dan kontrol sosial, maka pers juga memiliki peran yang sangat krusial dan penting dalam menciptakan dan mengelola opini publik, terlebih di era digital," tutur Nurlaelah mewakili Kepala Diskominfo Depok, Manto saat menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional yang digagas Perkumpulan Wartawan Online Independen (PWOIN) di Gedung Pemuda, Kecamatan Sukmajaya, Minggu (27/02/22).

Menurutnya, informasi bisa didapat dengan sangat mudah dan cepat dari mana saja dan dari berbagai kanal di era digital. Dengan begitu, sulit membedakan mana informasi yang benar dan hoax. 

Oleh karenanya, sambung dia, dengan adanya pers yang kredibel, berimbang dan bertanggung jawab tentunya bisa membantu masyarakat mengedukasi berita yang bersifat hoax.

Selanjutnya, ia menyampaikan rasa bangga kepada rekan-rekan wartawan yang sangat aktif dan kreatif di Kota Depok pada peringatan Hari Pers Nasional tahun ini. Salah satunya, kegiatan yang digagas Perkumpulan Wartawan Online Independen (PWOIN) Kota Depok yang menggelar diskusi, seni budaya dan berbagai lomba seperti lomba karikatur dan menulis. 

"Kami sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh sahabat semua. Tak hanya memberikan hiburan melalui seni dan budaya, acara hari ini juga memberikan alternatif lomba dan diskusi yang bisa memberikan edukasi, informasi dan melatih kemampuan berpikir kritis," ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan ini sangat bermanfaat, selain untuk mengembangkan kreativitas dan potensi diri, juga dapat melestarikan seni dan budaya di Kota Depok. Tak lupa, dirinya pun mengajak semua pihak untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) 5 M dan 1 D.

"Di masa pandemi ini, kita tetap harus mematuhi prokes dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan serta divaksin," terangnya. 

"Selamat Hari Pers Nasional untuk seluruh insan pres di Kota Depok. Kami berterima kasih kepada semua yang terus mengedukasi masyarakat untuk disiplin menjalankan protolol kesehatan dan mencegah penularan Covid-19," tandasnya. (JD09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?