Pemberian Vitamin A di wilayah Kelurahan Tugu. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Tugu turut menyukseskan Bulan Vitamin A setiap Februari dan Agustus. Dalam pelaksanaan, sebanyak 5.055 balita di wilayah kerja Kelurahan Tugu menjadi sasaran pemberian vitamin A.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Tugu, Madiana Sudebby, ribuan balita tersebut berusia 6-59 bulan. Rinciannya  782 balita usia 6-11 bulan dan 4.273 balita usia 12- 59 bulan.

"Total keseluruhannya mencapai 5.055 balita di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (19/02/21).

Lebih lanjut, ucap Madiana, berdasarkan kesepakatan dari RT-RW, Satgas Covid-19, dan kader Posyandu untuk teknis pelaksanakan pemberian vitamin A dan Bulan Penimbangan Balita (BPB) digelar dengan sejumlah cara. Adapun dilakukan melalui kelompok penimbangan(pokbang) yang tempatnya disesuaikan dengan kesepakatan bersama setiap RT.

Selanjutnya, sambung Madiana, dilakukan melalui Posyandu keliling (posling). Kader Posyandu keliling ke rumah bayi dan balita untuk memberikan vitamin A, kemudian pastikan agar balita mengkonsumsinya.

“Selain itu juga dengan jadwal Posyandu biasa yang rutin dilakukan setiap bulannya. Tentu dengan catatan tidak ada kasus positif Covid-19. Jadi untuk pemberian vitamin A ini disesuaikan dengan zona risiko wilayah persebaran virus Corona yang ditetapkan pemerintah," terangnya.

Terakhir, ia berpesan kepada seluruh orang tua yang memiliki bayi balita untuk ikut menyukseskan pemberian vitamin A dan BPB. Mereka juga diingatkan tetap menerapkan protokol kesehatan (protkes) di masa pandemi Covid-19. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?