Kepala Sekolah SDN Leuwinanggung 02, Mohamad Aan Heriyadin saat memperlihatkan tanaman hidroponik yang belum lama ini di panen, Rabu (08/12/21). (Foto : Diskominfo).

berita.depok.go.id - SDN Leuwinanggung 02 mendapatkan predikat Sekolah Adiwitaya tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada akhir bulan November. Predikat tersebut berhasil diraih berkat sejumlah inovasi yang dilakukan dalam menyelenggarakan pendidikan berbasis lingkungan.

Kepala SDN Leuwinanggung 02, Mohamad Aan Heriyadin mengatakan, SDN Leuwinanggung 02 sebelumnya telah mendapatkan Adiwiyata tingkat Kota Depok pada tahun 2018. Kemudian, pihaknya mempersiapkan sekolah dengan sejumlah program berbasis lingkungan untuk melanjutkan ke tingkat provinsi.

"Kami siapkan dari mulai kurikulum, fasilitas hingga pengolahan sampah. Semuanya kami selaraskan dengan pelestarian lingkungan," katanya kepada berita.depok.go.id, Rabu (08/12/21).

Heriyadin menjelaskan, siswa juga dikenalkan pendidikan berbasis lingkungan seperti menjaga kebersihan, ikut menanam tanaman sayur dan tanaman obat keluarga (toga). Selain itu, sekolah tersebut juga terdapat Green House dan instalasi hidroponik untuk tanaman sayur yang airnya terintegrasi dengan kolam lele.

"Di lingkungan sekolah juga terdapat sejumlah sumur resapan dan lubang biopori untuk menghilangkan genangan air dan meningkatkan daya resap air pada tanah," terangnya.

Lanjutnya, dalam penghematan energi, pihaknya sudah membiasakan warga sekolah untuk menghemat listrik dan air. Sebagai penegasan, juga ditempel pemberitahuan untuk menghemat energi di dekat saklar lampu dan keran air.

"Kami juga berkolaborasi dengan warga sekitar dalam pengolahan sampah dan penyediaan pupuk tanaman. Sampah yang sudah dipilah kami setor ke bank sampah," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

Green House SDN Leuwinanggung 02. (Foto : Diskominfo).

YOUR REACTION?