Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah saat memberikan sambutan pada Lomba Perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Negeri dan Swasta Se-Kota Tahun 2021, Kamis (18/11/21). Foto : (Istimewa).

berita.depok.go.id - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Haraki di Kecamatan Pancoran Mas berhasil meraih juara pertama pada Lomba Perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Negeri dan Swasta se-Kota Depok Tahun 2021 yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok. SDIT Al Haraki berhasil mendapatkan 716 poin dari tim penilai.

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan pihak rutin mengadakan kegiatan ini setiap tahunnya dengan tujuan mempromosikan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca di sekolah. Sebab, masih banyak sekolah yang belum memahami pentingnya menyediakan perpustakaan yang berstandar dan nyaman untuk warga sekolah.

"Perpustakaan sekolah adalah jantung pendidikan. Tidak memiliki perpustakaan bagi sekolah berarti tidak ada kehidupan. Karena tidak mungkin kita mencerdaskan generasi tanpa memiliki budaya baca yang kuat," tuturnya kepada berita.depok.go.id, usai kegiatan, Kamis (18/11/21).

Siti pun merinci, nama-nama pemenang Lomba Perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Negeri dan Swasta se-Kota Depok Tahun 2021. Peraih juara pertama dengan poin 716 yaitu SDIT Al Haraki mendapatkan hadiah piala dan uang senilai Rp 2 juta.

"Lalu juara dua dengan poin 640 diraih oleh SD Ummul Quro Kecamatan Beji mendapatkan piala dan uang senilai Rp 1,5 juta dan juara tiga diraih SDIT Nurul Fikri Kecamatan Cimanggis dengan poin 638, mendapatkan piala dan uang senilai Rp 1 juta" tuturnya.

Siti berharap, dengan lomba ini pihaknya mendapat data sekolah bergerak dalam meningkatkan literasi dan perpustakaan. Yang nantinya, bisa dijadikan mitra sekaligus percontohan penyelenggaraan perpustakaan bagi sekolah lainnya.

"Kepada para juara, semoga ke depan kita bisa menguatkan budaya baca dan menularkan keberhasilan pada sekolah lainnya. Kelak juga akan kami libatkan dalam kegiatan promosi dan pendampingan bagi sekolah lain yang belum memiliki standar," tandasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?