Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny saat operasi gabungan dan patroli pengawasan protokol kesehatan bersama Satpol PP Provinsi Jawa Barat, di kawasan Margonda Raya, Jumat (04/09/20). Foto : JD 01

berita.depok.go.id-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok bersama Satpol PP Provinsi Jawa Barat menggelar operasi gabungan dan patroli pengawasan protokol kesehatan. Langkah ini sebagai bagian dari penegakan Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 60 tahun 2020, yang disinergikan dengan operasi Pembatasan Aktivitas Warga (PAW) di Kota Depok. 

Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny mengatakan, patroli kali ini terbagi dalam tiga tim. Dengan sasaran individu yang tidak mengenakan masker serta pelaku usaha yang mengabaikan PAW.

"Tim satu melakukan patroli di sepanjang Jalan Margonda Raya, baik arah Depok ataupun arah Jakarta. Kemudian, Tim Dua akan patroli mulai dari Jalan Arif Rahman Hakim sampai ke Jalan Dewi Sartika. Kedua tim ini, akan menyasar pelaku usaha yang mengabaikan PAW," katanya kepada  berita.depok.go.id, Jumat (04/09/20) malam.

Dirinya menjelaskan, sementara tim tiga melakukan monitoring atau patroli ke fasilitas-fasilitas publik lainnya. Seperti, taman, setu dan fasilitas publik lainnya.

"Malam ini, kami belum menerapkan sanksi kepada pelaku usaha yang melanggar PAW, karena masih menunggu Peraturan Wali Kota yang mengatur hal tersebut," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Satpol PP Jawa Barat, Ade Afriandi menambahkan, pihaknya bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar operasi ini sebagai upaya menyadarkan masyarakat terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Dirinya menginginkan masyarakat sadar, bukan saat ada petugas atau patroli tetapi karena kesadaran diri sendiri untuk menjaga keluarga dan lingkungannya.

"Kami masih mengedepankan edukasi kepada masyarakat dan pelaku usaha  supaya mengikuti Pembatasan Aktivitas Warga (PAW). Namun, jika ditemukan pelanggaran terkait protokol kesehatan yaitu tidak mengenakan masker, akan dikenakan sanksi sesuai peraturan yang ada di Kota Depok," ucapnya. (JD 09/ED 01/EUD02).

YOUR REACTION?