Foto: istimewa

Satgas SDA Dinas PUPR Depok bersama Pokdarwis Kelurahan Kalibaru membersihkan sampah yang mengambang di Situ Cilodong, Selasa (26/01/21).

berita.depok.go.id -   Satuan Tugas (Satgas) Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Kalibaru bergotong royong membersihkan Situ Cilodong. Kini situ tersebut sudah bersih dari sampah yang sebelumnya banyak mengapung di atasnya.

Koordinator Satgas Banjir, Dinas PUPR Kota Depok, Edisyam menuturkan, pihaknya menurunkan 10 personel untuk membersihkan sampah di Situ Cilodong. Dalam kurun waktu beberapa jam, seluruh sampah yang ada berhasil berhasil diangkat.

"Alat-alat yang kami gunakan untuk mengangkat sampah berupa congkrang, jaring, dan pengait," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (26/01/21).

Dia mengatakan, Satgas SDA selalu rutin membersihkan Situ Cilodong dua pekan sekali. Biasanya sampah-sampah yang berada di pinggir situ berasal dari limbah rumah tangga.

"Kami juga sudah pasang jaring tapi dirasa kurang efektif, jadi butuh pembersihan langsung turun ke situ," kata Edisyam.

Di tempat yang sama, Ketua Pokdarwis Kelurahan Kalibaru, Rakimin menyebut, pihaknya akan memasang spanduk berisi larangan membuang sampah di sekitar Situ Cilodong. Dengan begitu, diharapkan masyarakat tidak lagi membuang sampah ke area situ.

"Pokdarwis bersama warga sekitar juga akan terus mengontrol area Situ Cilodong agar tidak ada lagi yang berani membuang sampah sembarangan," tegasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?