Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Republik Indonesia (RI) melalui Bidang Perubahan Perilaku menyambangi Kota Depok dan diterima langsung oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana di Ruang SAPA SABA Bappeda Kota Depok, Selasa (19/04/22). (Foto: Dokumentasi Bappeda Kota Depok).

berita.depok.go.id - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Republik Indonesia (RI) melalui Bidang Perubahan Perilaku, menyambangi Kota Depok, kemarin (19/04). Kunjungan tersebut  guna mengecek kesiapan Pemerintah Kota Depok menghadapi mudik lebaran Idulfitri 2022.

Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 RI, Sonny Harry Harmadi menjelaskan, Kota Depok merupakan salah satu penyumbang pemudik cukup tinggi saat lebaran Idulfitri setiap tahunnya. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 RI meminta Depok mengantisipasi lonjakan kasus pasca lebaran.

"Terutama fokus bagaimana masyarakat tersosialisasi dengan baik tentang mudik yang aman dan sehat," jelasnya kepada berita.depok.go.id saat ditemui di Ruang SAPA SABA Bappeda Kota Depok.

Sonny menuturkan, mudik yang aman dan sehat yaitu pemudik mengikuti anjuran pemerintah untuk menurunkan risiko penularan Covid-19. Di antaranya dengan memastikan tubuh dalam kondisi sehat, telah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster), dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menurutnya, saat ini Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok telah menjalankan tugasnya dengan maksimal. Hal ini terlihat dari angka kasus Covid-19 harian yang sudah menurun drastis.

"Ke depan Kota Depok perlu mempercepat capaian vaksinasi booster karena syarat mudik harus sudah booster, dan Satgas saya minta untuk turun ke lapangan memberikan sosialisasi prokes kepada masyarakat secara massif," kata Sonny.

Di tempat yang sama, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengapresiasi kedatangan Tim Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 RI. Dikatakannya, Kota Depok selalu berkolaborasi dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait kebijakan menangani kasus Covid-19 sejak awal pandemi hingga saat ini.

"Kami sekarang tengah menyelenggarakan gebyar vaksinasi booster di 11 kecamatan khususnya untuk melayani masyarakat yang ingin mudik lebaran, kami juga sangat mengapresiasi Satgas pusat yang langsung mengecek upaya kami dalam menghadapi mudik lebaran Idulfitri tahun ini," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?