Dirbintibmas Baharkam Polri, Brigjen Pol Tajuddin menyampaika sambutan dalam pembagian kegiatan baksos di  lingkungan Polres Metro Depok, Sabtu (25/07/2020). (Diskominfo)

berita.depok.go.id-Markas Besar (Mabes) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melalui Satgas Nusantara mempunyai cara yang unik dalam menyosialisasikan protokol kesehatan. Pihaknya tidak hanya memberikan edukasi, namun juga dibarengi dengan mengadakan bakti sosial (baksos) dan pemeriksaan kesehatan bagi ribuan warga Depok.

Direktur Pembinaan dan Ketertiban Masyarakat (Dirbintibmas) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, Brigjen Pol Tajuddin mengatakan, kegiatan ini secara umum menyasar warga Depok yang terdampak Covid-19. Adapun untuk Swab PCR, diperuntukkan bagi mereka yang memiliki hasil reaktif setelah dilakukan pemeriksaan Rapid Test.

"Kegiatan bakti sosial dan kesehatan ini, sebagai upaya kami berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan. Salah satunya membudayakan bermasker," katanya Brigjen Pol Tajuddin di lingkungan Polres Metro Depok, Sabtu (25/07/20).

Dikatakannya, bantuan berupa paket sembako diberikan kepada sekitar 2.000 warga Depok. Adapun Rapid Test diikuti oleh 1.000 orang, sedangkan yang dikhitan ada 32 anak.

Di tempat yang sama, Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Azis Andriansyah menuturkan, bantuan yang diberikan Satgas Nusantara tersebut memang dikhususkan bagi daerah-daerah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Namun di luar ini pun, sambungnya, Polri juga terus memberikan bantuan demi meringankan kondisi perekonomian warga terdampak.

"Jangan sampai karena pandemi ini jadi menambah keresahan atau mengganggu ketertiban. Diharapkan Pilkada dapat dilaksanakan dengan baik, sekaligus beban kebutuhan pokok warga terdampak pun dapat diringankan melalui bantuan-bantuan seperti ini," jelasnya.

Kombes Pol Azis menambahkan, agar tidak terlalu menumpuk, pihaknya sudah membuatkan jadwal pengambilan. Masing-masing kecamatan diberikan alokasi waktu yang berbeda. 

"Kami juga membagikan puluhan hand sanitizer dan vitamin, sebagai upaya menjaga kesehatan diri," pungkasnya. (JD 07/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?