Satgas DPUPR Kota Depok menggiring sampah menggunakan kubus apung HDPE di Situ Cilodong, Senin (17/01/22). (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id- Upaya normalisasi Situ Cilodong terus dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok. Termasuk dengan cara manual menggunakan kubus apung HDPE.

“Kami terjunkan satu regu Satgas yang terdiri dari 10 orang untuk melakukan pembersihan Situ Cilodong secara manual dan dibantu dengan kubus apung HDPE guna menjangkau sampah yang berada di tengah situ. Setelah sampah terkumpul di pinggir, kemudian diangkut menggunakan mobil dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Senin(17/01/22).

Dikatakannya, kegiatan ini rutin dilakukan selama alat berat belum bisa ditempatkan di Situ Cilodong. Untuk lama pengerjaan, pihaknya tidak bisa memastikan karena memasuki musim hujan sehingga sampah tidak bisa diprediksi.

"Alat berat kami terbatas jumlahnya, jadi selama masih ditempatkan di situ lain, kami memaksimalkan Satgas yang ada. Meski manual, kami melengkapi petugas dengan alat keselamatan," ujarnya.

Citra berharap, normalisasi ini bisa mengembalikan fungsi situ secara maksimal. Terlebih, saat ini memasuki musim penghujan dan rentan akan adanya genangan maupun banjir.

“Kami harap masyarakat juga turut membantu pemerintah dalam melakukan normalisasi saluran air sekitar. Sehingga diharapkan, tidak terjadi banjir akibat luapan situ," tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02) 

YOUR REACTION?