Satgas Pohon DLHK Kota Depok melakukan penanganan pohon tumbang di beberapa titik, Selasa (21/09/21). (Foto : istimewa).

berita.depok.go.id- Sebanyak 10 Satuan Tugas (Satgas) Pohon Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok diterjunkan untuk menangani pohon tumbang di beberapa titik. Tumbangnya pohon diakibatkan hujan lebat dan angin kencang yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

"Kejadian kira-kira pukul 17.00 WIB, kami terjunkan tiga tim kecil dengan jumlah 10 personel untuk melakukan penanganan. Titiknya berada di Jalan Margonda, Kantor Balai Kota, KSU, Sukmajaya, Tahura dan lain-lain," ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Indra Kusuma, Selasa (21/09/21).

Dikatakannya, pohon yang roboh rata-rata berjenis pohon Trambesi, Angsana dan Mahoni. Pohon besar tersebut jatuh menutupi sebagian badan jalan sehingga sempat menimbulkan kemacetan.

"Namun saat ini pohon yang roboh sudah dievakuasi sehingga lalu lintas bisa kembali terurai. Pohon ini tidak masuk dalam daftar pohon rawan tumbang. Jadi, kejadian ini murni faktor alam," terangnya.

Indra mengaku, dari kejadian tersebut terdapat tiga korban luka, tiga unit motor tertimpa pohon, dan satu unit mobil tertimpa billboard. Sementara penanganan material lainnya sampai saat ini masih berlangsung.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak berteduh di bawah pohon rindang, saat hujan dan selalu waspada," pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam penanganan musibah ini, Satgas DLHK bersama tim rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan, Satgas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Perhubungan (Dishub), Perusahaan Listrik Negara (PLN) serta dinas terkait. (JD 08/ED 01/EUD02)    

YOUR REACTION?