Acara munggahan yang dilaksanakan oleh Diskominfo Kota Depok,  Rabu (30/03/22). (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id- Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menggelar acara munggahan. Acara tersebut diikuti oleh seluruh pegawai dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Diskominfo Kota Depok.

"Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat dirindukan umat Muslim se-dunia karena banyak keistimewaannya," ujar Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto kepada berita.depok.go.id, Rabu (30/03/22).

Manto, menjelaskan dalam hadits disebutkan jika telah datang bulan Ramadan, maka pintu-pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Imbuhnya, bulan Ramadan adalah anugerah dan nikmat yang agung yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW.

"Di dalamnya terdapat keutamaan-keutamaan dan hikmah khusus yang diberikan Allah SWT kepada hambanya yang ikhlas dan tulus menjalankan ibadah puasa, serta ibadah-ibadah lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, seperti yang dikutip dari Ustaz Saiyid Mahadhir MA dalam bukunya 'Bekal Ramadan dan Idul Fitri (1)' menyebutkan banyak keutamaan puasa di bulan Ramadan. Salah satunya hadirnya sifat takwa dalam diri seorang muslim.

"Kerana puasa membiasakan untuk takut kepada Allah SWT dalam kondisi sembunyi maupun ramai. Selama puasa seorang muslim selalu merasa diawasi oleh Allah SWT, mereka berani menahan syahwat hanya karena merasa bahwa Allah SWT selalu mengawasi, perasaan inilah yang jika berlanjut setelah Ramadan akan menjadi sebab takwa," tandasnya. (JD12/ED 01/EUD02) 

 

YOUR REACTION?