DLHK melakukan monitoring rencana lokasi Proklim di RW 07 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Rabu (03/01/21).

berita.depok.go.id-Dinas Lingkungan Hidup dan kebersihan (DLHK) Kota Depok mulai melirik Kampung Rawageni RW 07 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, untuk dijadikan Kampung Program Iklim (Proklim) tahun 2021. RW ini dinilai layak, mengingat sebagian besar wilayahnya sudah memiliki lahan hijau.

"RW 07 Ratujaya bisa jadi usulan Proklim untuk tahun ini. Karena mereka telah menerapkan budaya menanam pohon. Namun memang masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dilakukan," ujar Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati, Kamis (04/02/21)

Lanjut Ety, pihaknya akan melakukan pendampingan guna menambah beberapa unsur yang harus ada dalam Kampung Proklim. Di antaranya lubang biopori, sumur resapan, pemilahan sampah, bank sampah, mitigasi dan lain-lain.

"Mereka harus menambahkan lahan hijaunya, sambil nanti kita berikan sejumlah bantuan. Seperti pot, bibit dan alat biopori," jelasnya.

Sementara itu, Ketua RW 07 Kampung Rawageni Kelurahan Ratujaya, Sanusi mengaku siap jika wilayahnya akan dijadikan Kampung Prokilm. Pihaknya bersama warga lainnya juga sudah melakukan beberapa upaya untuk penghijauan wilayah.

"Sebelumnya kami bersama warga juga sudah melakukan penghijauan. Bahkan kami telah membentuk komunitas bernama Komunitas Ecovillage. Kalaupun nanti wilayah kami benar dijadikan Kampung Proklim, pastinya kami senang dan tambah semangat," pungkasnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?