Warga Kampung Rawageni RW 01 melakukan pemilahan sampah. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id-Menjelang penilaian lomba Program Kampung Iklim (Proklim) yang digagas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, warga Kampung Rawageni, RW 01, Kelurahan Ratujaya mulai berbenah. Persiapan sudah dilakukan selama lima bulan terakhir.

“Sejak lima bulan terakhir kami sudah melakukan berbagai persiapan. Seperti pembuatan lubang biopori, pembuatan sumur resapan, pemilahan sampah dan lain-lain,” ujar Ketua RW 01,  Jaelani, Kamis (09/07/20).

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga mendapat pendampingan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Khususnya dalam pembuatan penampungan air hujan, pupuk kompos serta pendampingan lainnya.

“Termasuk bantuan alat untuk pembuatan lubang biopori. Alhamdulillah, sampai saat ini kami sudah miliki kurang lebih 400 titik lubang  yang tersebar dari RT 01 sampai  RT 08,” terangnya.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Eti Yuniarti menyebut, tahun ini penilaian akan dilakukan secara virtual. Namun, perlu  didukung juga dengan foto kegiatan dan dokumen penting lainnya.

“Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena penilaian dari jarak jauh. Tidak ada tim yang turun kelapangan untuk melakukan monitoring. Hanya melalui foto, dokumen penting dan virtual. Besok (10/07) hari terakhir mengumpulkan data, setelah itu penilaian. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” pungkasnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?