Wali Kota Depok, Mohammad Idris didampingi Forkopimda dan narasumber membuka Musrenbang RKPD 2023 secara hybrid di Hotel Bumi Wiyata, Selasa (15/03/2022). (Foto: JD 01/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Badan Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Penelitian Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangun (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2023 secara online dan offline. Kegiatan ini dilakukan untuk merumuskan agenda pembangunan tahun depan.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Musrenbang tingkat kota merupakan hal yang strategis, mengingat didalamnya mengandung perspektif kepentingan dan pembangunan kota. Termasuk, usulan yang akan disampaikan ke tingkat provinsi dan pusat untuk mengakselerasi tujuan pembangunan nasional dan daerah. 

"Hasil dari Musrenbang ini juga akan dijadikan acuan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang akan dibahas bersama pemerintah daerah dan DPRD yang bermuara pada pencapaian Visi Kota Depok yang maju, berbudaya, dan sejahtera," katanya saat membuka acara Musrenbang RKPD Tahun 2023, di Hotel Bumi Wiyata, Selasa (15/03/22).

Mohammad Idris menjelaskan, dalam penyusunan RKPD tahun 2023, tidak terlepas dari rencana pelaksanaan pembangunan tahun 2022. Kebijakan pembangunan tahun depan mengarah pada peningkatan infrastruktur dasar perkotaan dan pemulihan ekonomi daerah.

Lebih jauh, Mohammad Idris menjelaskan, dalam pemulihan ekonomi daerah, Pemkot Depok akan mengintervensinya melalui program-program penurunan angka pengangguran dan kemiskinan. Peningkatan daya beli melalui program penyelesaian mis-match angkatan kerja dengan dunia kerja, serta peningkatan UMKM melalui tim penciptaan wirausaha baru, perempuan pengusaha dan lain sebagainya.

"Untuk mewujudkan pembangunan tahun 2023, saya mengajak semua pihak berkolaborasi mempercepat kinerja pembangunan prinsip kemanfaatan secara langsung bagi masyarakat, yang mengacu pada prioritas dan sasaran pembangunan berdasarkan amanat RPJMD dan isu-isu strategis tahunan," terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana menambahkan, Musrenbang RKPD merupakan forum musyawarah antara pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan kegiatan prioritas, dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD 2023. 

Sambungnya, Kegiatan ini juga bagian dari rangkaian agenda Sinergitas Perencanaan Partisipatif Pembangunan atau SAPA SABA. Dimulai dari Focus Group Discussion isu strategis, Kolaborasi Bareng Komunitas atau Kongko Pembangunan, Musrenbang Anak, Musrenbang Kelurahan dan Kecamatan, Forum Perangkat Daerah dan Forum Gabungan PD.

"Kegiatan akan dibagi dua hari, besok sidang kelompok yang berisi paparan narasumber, diskusi, dan pleno hasil sidang," tambahnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?