Rumah Cimanggis. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Rumah Cimanggis yang merupakan cagar budaya Kota Depok akan melalui proses revitalisasi pada September 2020. Revitalisasi tersebut nantinya akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Tatik Wijayati mengatakan, pada tahun 2019 sudah dilakukan Detail Engineering Design (DED). Dengan demikian, Rumah Cimanggis sudah siap direvitalisasi tahun ini.

"Bulan ini akan segera dimulai proses revitalisasi oleh pemerintah pusat karena DED-nya sudah dilakukan tahun lalu," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (10/09/20). 

Tatik menuturkan, pihak PUPR bersama kontraktor sudah melakukan tahap sosialisasi rencana pembangunan Rumah Cimanggis. Sosialisasi dilakukan pada Januari 2020. 

Lebih lanjut, ungkapnya, saat ini pihaknya menugaskan dua petugas khusus yang bekerja dengan sistem shift untuk memelihara rumah Cimanggis. Adapun tugas yang dilakukan yaitu rutin memasang lampu, memotong rumput dan membersihkan area rumah.

Dikatakannya, petugas khusus juga difungsikan menerima pengunjung yang datang. Tentunya dengan mengantongi izin dari Disporyata Depok.

"Pengunjung harus mengajukan surat permohonan terlebih dahulu yang diajukan ke Disporyata," jelasnya.

Selain itu, tambah Tatik, petugas khusus juga bertugas membersihkan area Rumah Cimanggis. Kemudian, mengurus administrasi, promosi, dan menyusun laporan mengenai rumah bersejarah di Cimanggis ini.(JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?