Karyawan retail modern tengah membagi-bagikan kantong ramah lingkungan kepada masyarakat, di Alun-alun Kota Depok, belum lama ini. (JD 01/Diskominfo)

berita.depok.go.id- Upaya pengurangan sampah yang terus digaungkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, mendapat dukungan penuh dari seluruh retail di Kota Depok. Termasuk, Alfamart yang siap berkomitmen mengedukasi masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai.

“Kebijakan ini pastinya kita dukung 100 persen, karena memang sejalan  dengan program kami untuk mengurangi kantong plastik sekali pakai. Kami juga akan mengedukasi masyarakat agar membawa kantong belanja sendiri,” ujar Deputy Branch Manager Alfamart Kota Depok, Siswanto, usai mengikuti deklarasi pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai, di Alun-alun Kota Depok, baru-baru ini.

Dikatakannya, meski kebijakan ini baru diberlakukan mulai bulan Maret mendatang, namun pihaknya telah melakukan edukasi dan memberikan pilihan kantong ramah lingkungan yang juga dijual di setiap cabang Alfamart di Kota Depok.

“Per satu Maret tahun ini, kami pastikan seluruh cabang Alfamart di Kota Depok tidak lagi menggunakan kantong plastik. Kami ganti dengan kantong ramah lingkungan yang bisa dibeli dan dimiliki pengunjung  atau masyarakat,” terangnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, persoalan sampah tidak bisa diselesaikan oleh Pemkot saja. Tetapi juga memerlukan dukungan serta aksi nyata dari pelaku usaha dan masyarakat.

“Ini merupakan komitmen kita bersama untuk mengurangi sampah plastik. Kami juga berharap agar masyarakat bisa mengubah perilaku penggunaan barang-barang sekali pakai. Hal kecil ini bisa membawa perubahan yang besar jika dilakukan bersama,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD 02) 

YOUR REACTION?