Foto: JD 01/Diskominfo

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat meninjau lokasi rencana pembangunan Masjid Raya di SDN 1 Pondok Cina, Kecamatan Beji, Senin (14/02/22).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana membangun masjid raya di kawasan Margonda Depok pada tahun 2023. Pembangunan Masjid Raya Margonda tersebut dilakukan Pemkot demi merespons aspirasi warga terhadap kehadiran pusat peribadatan bagi umat Islam yang berada di pusat Kota Depok.

"Ya banyaknya aspirasi masyarakat yang berharap ada masjid raya di Margonda. Kami sebagai Pemerintah Kota Depok merespons kondisi tersebut dengan berencana membangun Masjid Raya Margonda di lokasi SDN Pondok Cina 1. InsyaAllah untuk SD-nya kita akan pindahkan ke belakang akan lebih nyaman bagi anak-anak SD untuk bersekolah," tutur Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH), usai meninjau rencana pembangunan Masjid Raya bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wali Kota Depok, Mohammad Idris di SDN 1 Pondok Cina, Kecamatan Beji, Senin (14/02/22).

IBH menuturkan, pihaknya akan menyiapkan desain Masjid Raya Margonda pada tahun ini. Dengan demikian, rencana pembangunan akan dilakukan pada tahun 2023 agar dapat dipakai oleh masyarakat pada tahun 2024.

"Warga selama ini berharap ketika pulang kantor, baik waktu Ashar maupun Magrib yang kesulitan mencari tempat untuk salat di Jalan Margonda Raya. Semoga dengan terbangunnya masjid ini bisa membantu kesulitan tersebut, insyaAllah," ungkap IBH.

Lebih lanjut, ucap IBH, Pemkot Depok pun ingin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) agar menjadi arsitek masjid raya tersebut. Terlebih, kemampuan Gubernur Jabar sudah diakui oleh masyarakat Indonesia, bahkan internasional, sebab pernah mendesain masjid di Palestina dan Spanyol.

"Sebuah kebahagiaan pula bagi kami di Pemerintah Kota Depok jika memang masjid ini didesain oleh arsitek ternama di Indonesia, Gubernur kita Gubernur Jawa Barat Kang Emil karena memang sangat terkenal dengan desain-desain fenomenal. Mudah-mudahan ada kesan yang baik dan bagus apalagi untuk desain masjid di Kota Depok," jelas IBH.

"Mudah-mudahan Kang Emil bisa untuk menggambar masjid tersebut, karena memang sangat bagus letaknya di Margonda Kota Depok. Untuk itu, saya pribadi maupun sebagai pimpinan daerah mengucapkan hatur nuhun yang telah datang hari ini dan merespons hal-hal yang diharapkan oleh masyarakat melalui Pemerintah Kota Depok," tutupnya. (JD05/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?