Kepala Satpol PP Kota Depok saat ekspose secara daring kepada Wali Kota Depok. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Wali Kota Depok Mohammad Idris mengapresiasi rencana program patroli holistik dan pembentukan Satuan Tugas Depok Tertib, Aman, dan Terkendali (Satgas DeTAK) yang diinisiasi oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok Lienda Ratnanurdianny. Bentuk apresiasi ini tersampaikan saat ekspos secara daring proyek perubahan (proper) Kepala Satpol PP yang dihadiri Wali Kota Depok Mohammad Idris, Asisten Hukum dan Sosial Sri Utomo, serta jajaran Satpol PP sebagai tim efektif proper.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, apresiasi dan dukungan diberikan terhadap tema yang diusung. Yaitu 'Satpol PP dalam Meningkatkan Peran Serta Masyarakat, sebagai Upaya Cegah Dini Gangguan Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum)'. Menurutnya, tema ini sangat menarik dan cocok untuk diimplementasikan di Kota Depok. 

"Saya berharap dengan inisiasi proper Bu Kepala Satpol PP ini, dapat semakin meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga ketertiban dan ketentraman wilayah Depok," tuturnya, Kamis (16/07/20).

Selanjutnya terkait program patroli holistik dan pembentukan Satgas DeTAK, Mohammad Idris berpesan agar program patroli holistik beserta Satgas DeTAK dapat semakin menumbuhkan kepekaan dan partisipasi masyarakat untuk menjadikan wilayahnya tertib dan tentram. Keterlibatan masyarakat dalam Satgas DeTAK, ucap Mohammad Idris, harus semakin memperkuat tupoksi Satpol PP dalam menjalankan tugasnya dan semakin dirasakan kehadirannya oleh masyarakat serta terbangun citra positif.

"Hadirnya patroli holistik dan Satgas DeTAK harus dapat memperbaiki citra negatif yang selama ini melekat di mata masyarakat. Serta meningkatkan kinerja Satpol PP secara menyeluruh," tambah Mohammad Idris.

Sementara itu, Asisten Hukum dan Sosial Setda Depok Sri Utomo menuturkan, program ini harus didukung dengan serius karena memiliki dampak yang strategis di tengah masyarakat. Dikatakannya, program tersebut dapat menjadi bukti nyata hadirnya pemerintah dan keguyuban aparat pemerintah melalui Satpol PP dengan masyarakat. 

"Semoga patroli holistik dan Satgas DeTAK ini dapat menjadi program yang berkelanjutan, konsisten dan mengakar di masyarakat," harap Sri Utomo.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Satpol PP Kota Depok Lienda Ratnanurdianny menyatakan, siap menjalankan program tersebut dengan baik sesuai harapan dan masukan Wali Kota Depok. Rencananya dalam waktu dekat ini, sambung Lienda, bakal segera dilakukan launching Satgas DeTAK di Kelurahan percontohan yaitu Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. 

"Alhamdulillah dan terima kasih kepada Pak Wali Kota Depok yang juga sebagai promotor tertinggi dalam Diklat saya ini, telah menyetujui dan memberikan lampu hijau untuk launching program patroli holistik dan Satgas DeTAK," tutup Lienda. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?