Ilustrasi Pelatihan tanggap bencana di Situ Jatijajar, Kecamatan Tapos. (Foto : Dokumentasi PMI)

berita.depok.go.id- Guna mengasah kemampuan relawan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok kerap membekali dengan pelatihan-pelatihan. Salah satunya pelatihan penyelamatan di air (water rescue) yang rutin digelar setiap tahun.

“Setiap tahun, pelatihan water rescue rutin kami laksanakan untuk membekali relawan. Meskipun Kota Depok bukan daerah perairan, namun hal ini perlu diantisipasi, karena terdapat banyak situ,” ujar Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz, di ruang kerjanya, Jumat (28/02/20).

Dikatakannya, kegiatan ini biasanya diadakan di Danau Salam Universitas Indonesia (UI) dan di kolam renang Kostrad Cilodong, bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok.

“Materi biasanya hanya pengenalan awal. Jadi, relawan tidak harus bisa karena itu bukan ranah kami, melainkan teman-teman dari Damkar. Tugas kami hanya membantu dan minimal memahami medan,” terangnya.

Dudi berharap, dengan kerjasama antara relawan PMI dan stakeholder terkait, mampu memberikan pelayanan yang tidak hanya cepat, tetapi juga tepat sasaran.

“Mudah-mudahan, sinergisitas ini bisa terus terjalin,” pungkasnya. (JD 08/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?